Senin, 28 Januari 2019

TEORI BUKAN HANYA DISIMPAN MELAINKAN HARUS DISALURKAN, DITULARKAN DAN DITERAPKAN.


Neroh, (2/1) neroh salah satu desa di kecamatan modung yang mempunyai beberapa dusun yang mempunyai jarak berbeda-beda dengan dijadikannya satu-satunya pusat segala informasi berbagai keperluan desa dan masyarakat khususnya sekolah. Di desa neroh terdapat 1 TK, 2 SD dan 1 MTs. Masyarakat desa neroh sekarang telah memahami betapa pentingnya pendidikan untuk masa depan dengan semangat anak-anak dalam mencari ilmu menambah kemajuan untuk perkembangan dunia pendidikan di desa neroh.
TK as-syarifah merupakan satu-satunya lembaga pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak di desa neroh dengan anak-anak yang berasal dari berbagai tempat tinggal di sekitar neroh yang mempunyai jarak berbeda-beda. Mereka dengan ceria dan mandiri berangkat ke sekolah meskipun dengan perjalanan jauh yang biasanya mereka menggunakan angkutan “odong-odong” sebutannya sejenis kendaraan angkutan barang/ tossa, dengan jarak rumah yang lumayan dekat mereka membayar 1000 rupiah sedangkan, jarak rumah yang agak jauh mereka membayar 2000 rupiah. TK As-Syarifah memiliki 3 kelas satu untuk anak-anak PAUD sedangkan dua kelas digunakan untuk TK A dan TK B. TK As-Syarifah memiliki guru pengajar atau sebutannya “bunda” sebanyak 5 orang terdiri dari bunda uyun, bunda is, bunda uci, bunda kiki, dan bunda maskumah. Dari mahasiswa kkn 73 juga membantu kegiatan belajar mengajar di Tk As-Syarifah sebanyak 5 orang mahasiswa yaitu: nova, miranti, manda, okta dan ifa dibagi menjadi tenaga pengajar tambahan untuk membantu bunda-bunda. Berbagai pengalaman diperoleh dengan beberapa hari menjadi tenaga pendidik untuk anak-anak yang mempunyai berbagai latar belakang dengan keseruan dan senyuman khas anak-anak.
Sdn neroh 1 juga merupakan sekolah dasar yang terletak dalam jangkauan yang dekat terletak di tengah desa neroh berdampingan dengan balai desa neroh dan taman posyandu desa neroh. Mahasiswa kkn 73 juga ikut membantu kegiatan belajar mengajar di sd neroh 1 terdiri dari 2 mahasiswa yaitu: indra dan bella. Sedangkan, di sdn 2 terletak di luar desa yang terletak di pinggir jalan masuk ke desa neroh mahasiswa kkn 73 juga ikut membantu kegiatan belajar mengajar terdiri dari 3 mahasiswa yaitu: wandi, lia dan nisa’ di sdn neroh 2 muridnya jauh lebih sedikit dibandingkan dari sdn neroh 1. Meskipun begitu semangat anak-anak sdn neroh 2 tidak kalah dengan anak sdn neroh 1 dengan senyum ceria dan kemandirian anak-anak menjadikan halangan tidak terasa.
Mts al-masudiyah juga merupakan satu- satunya sekolah menengah pertama yang ada di desa neroh terletak agak dalam di ujung desa neroh, namun mempunyai akses jalan yang baik. Mahasiswa juga ikut andil dalam membantu kegiatan belajar mengajar terdiri dari 4 mahasiswa yaitu: lila, arba, jundi dan yoga. Mts ini merupakan mts swasta yang mempunyai jadwal masuk seminggu penuh dengan hari libur yaitu hari jumat. Meskipun begitu Anak-anak mts telah memiliki keinginan besar terhadap pendidik dengan bercita-cita ingin kuliah dan telah mengenal dunia IT meskipun hanya menggunakan ponsel pintar dan kemampuan dasar komputer mereka juga telah memahami dengan cukup baik.


 (Proses pembelajaran di TK As-Syarifah)
 (Proses pembelajaran di SD Neroh 1)  
(Proses pembelajaran di SD Neroh 2)  

 (Proses pembelajaran di MTS AL-Mas'udiyah)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About