Senin, 28 Januari 2019

LAMA-LAMA MENJADI BUKIT, AYO MENABUNG !


Neroh (21/1) kegiatan ayo menabung digerakkan kepada anak-anak sdn neroh 1 obyek kegiatan ini yaitu kelas 4, 5 dan 6. Pukul 10.00 WIB kegiatan ini diawali dengan diinformasikan betapa pentingnya menabung untuk masa depan. Selanjutnya anak-anak diinformasikan pada hari sebelumnya untuk membawa berbgai peralatan utuk membuat celengan sederhana menggunakan botol plastik bekas, cutter, lem besi dan gunting. Sedangkan mahasiswa kkn 73 menyiapkan bahan lainnya yaitu kertas warna dan mahasiswa kkn 73 ikut mendampingi dengan dibagi perkelas masing-masing kelas didampingi 5 orang mahasiswa.
Kegiatan awal yaitu mereview lagi ingatan anak-anak tentang pentingnya menabung di masa depan untuk semakin membuat mengingat dan memahami. Selanjutnya yaitu praktek langsung membuat celengan atau tempat menyimpan uang menggunakan bahan-bahan bekas  botol plastik disiapkan dengan diberikan instruksi dari penanggung jawab kegiatan ini yaitu: indra. Hal pertama yang dilakukan yaitu memotong botol plastik ukuran besar menjadi dua, dihilangkan bagian tengahnya, selanjutny menempelkan kedua potongan botol plastik besar menggunakan lem besi dengan dibantu mahasiswa kkn 73. Lalu potongan botol plastik yang sudah tertempel diberi kertas warna hingga menutupi semua permukaan botol. Anak-anak diberikan instruksi untuk membuat sekreatif mungkin mengenai bentuk hewan apa yang diinginkan untuk dibentuk di permukaan botol. Lalu dengan antusiasme anak-anak mereka dengan kreatif dan cepat membuat berbagai aneka bentuk hewan seperti kelinci, kupu-kupu, tikus, panda dan masih banyak lagi.
Pukul 12.00 WIB kegiatan telah selesai dan semua nak-anak membawa hasil karya mereka dengan hati yang senang dan saling memamerkan karyanya pada teman-temannya dengan guyonan khas mereka “apa bagus punyaku!! Ihhh kupingnya nggak bisa berdiri, sayapnya kog gitu” ! keseruan mereka dengan pengalaman baru membuat mahasiswa kkn 73 tersenyum senang dengan keberhasilan kegiatan ayo menabung yang dilakukan!
 (Proses penyampaian materi)
(Hasil pembuatan celengan)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About