Minggu, 06 Januari 2019

BAKAT TERSEMBUNYI! SELAIN JADI AKADEMISI JUGA BISA BERTANI

Neroh, (27/12) Desa Neroh merupakan salah satu desa binaan pemerintah Dinas Pertanian kabupaten Bangkalan dalam hal peningkatan produktivitas pangan dan ekonomi. Desa Neroh merupakan desa yang mayoritas lahannya di isi sawah dan perkebunan, sehinngga menjadi salah satu objek binaan dari Dinas Pertanian Kab. Bangkalan karena banyaknya lahan pertanian disini. Mayoritas penduduk Desa Neroh yaitu berprofesi sebagai Petani membuat pengolahan lahan persawahan selalu intens dan tetap eksis sebagai penunjang perekonomian warga.

Musim Hujan merupakan suatu berkah tersendiri bagi warga masyarakat Desa Neroh yang bermata pencaharian sebagai petani, dikarenakan sistem bercocok tanam disini menganut sistem “Tadah Hujan” jadi, petani mengandalkan air hujan sebagai satu-satunya jalur pengairan untuk kelangsungan hidup tanaman mereka. “kalau disini memang seperti ini mas, kalau hujan memang berkahnya petani sini, soalnya mau menanam apa saja insyaallah akan tumbuh dan bisa panen beda kalau musim kemarau. Kalau kata orang sini memang lahannya tadah hujan.’’ Ujar pak Masykur salah satu petani Desa Neroh dan juga sebagai Sekretaris Desa Neroh.

Selaras dengan itu Kelompok KKN 73 Universitas Trunojoyo Madura dengan salah satu program kerjanya yaitu membantu meningkatkan produktivitas pangan dalam sektor pertanian ikut serta dalam pengolahan lahan persawahan tersebut mulai dari pembibitan sampai penanaman dan bertepatan yang ditanam warga adalah padi. Proses pengolahan lahan yang membutuhkan keuletan dan ketelatenan sedikit banyak membuat teman-teman KKN 73 UTM bersusah payah karena dengan latar belakang yang berbeda kemudian disatukan dalam satu petak lahan untuk menanam padi. Keseruanpun tercipta sambil sedikit menghibur para petani lain yang kebetulan ikut membantu mengarahkan dan membimbing teman-teman KKN 73 UTM. Tidak tanggung-tanggung ternyata mereka sudah disediakan sawah 2 petak oleh warga desa untuk digarap, dan hasilnya pun dapat dilihat dalam gambar dibawah.









0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About