Senin, 30 Juli 2018

Pemanenan Komoditi Kacang Tanah




Bangkalan – Panen raya komoditas pertanian kacang tanah dilakukan oleh Warga masyarakat Dsn. Temor Lorong, Desa Neroh – Modung dibantu Mahasiswa KKN 13 Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Sabtu (21/07/2018). Puluhan hektar petak sawah milik warga di Desa Neroh, Kecamatan
Modung saat musim kemarau ditanami komoditas kacang tanah. Hal ini dikarenakan tingkat kecocokan tanah dan kondisi iklim yang sesuai untuk komoditas tanaman kacang-kacangan. “Usia panen kacang tanah yakni ± 90 hari”, ucap Bapak ….. . Petak lahan sawah milik pemerintah desa Neroh,yang mana digarap oleh masyarakat. Komoditas kacang tanah hasil panen dibagi dengan sistem bagi hasil antara masyarakat penggarap dengan pihak pemilik lahan. Lokasi pemanenan kacang tanah yakni di petak sawah milik pemerintah desa Neroh, Modung – Bangkalan.

Pemanenan dilakukan masyarakat desa neroh dibantu mahasiswa KKN 13 UTM ketika tanaman sudah memasuki usia panen. Usia panen komoditas tanaman kacang tanah ± 90 hari. Warga sangat senang panen dibantu oleh mahasiswa KKN 13 UTM dan seluruh mahasiswa pun tampak antusias membantu proses pemanenan. Teknik pemanenan komoditas kacang tanah cukup mudah. Dilakukan dengan memegang ujung pangkal batang tanaman kemudian ditarik hingga kacang keluar dari permukaan tanah.

Hasil panen komoditas kacang tanah dikumpulkan membujur sepanjang petak lahan sawah. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah proses pengangkutan kacang tanah hasil panen. Seusai proses pemanenan saat itu juga dilakukan pemisahan kacang tanah dengan batang daunnya. Yang mana bertempat diatas petak lahan itu juga, kecuali jika waktu terik akan dipindahkan ke tempat teduh. “Mudah sekali cara panennya ya, tinggal cabut saja sudah dapat kacang tanahnya”, ungkap Bang Tata (Anggota KKN 13 UTM). Yang melandasi mengapa mahasiswa KKN 13 UTM antusias memanen komoditas kacang tanah ialah jiwa gotong royong yang telah tertanam di masing-masing mahasiswa KKN 13 UTM. Salah seorang mahasiswa KKN 13 UTM lain juga mengungkapkan bahwasannya kegiatan semacam ini tidak pernah dilakukan dikampus bahkan dikehidupan sehari-harinya, sehingga tergolong hal baru yang patut untuk dicoba.








0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About